Psikologi pendidikan : Critical Journal review 1





Tugas Mandiri Kedua
(Tugas Report)
Riview Jurnal PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Penerapan pendidikan karakter untuk mencegah kecenderungan penyalahgunaan narkoba SMK Negeri 5 Makassar

 Sumber: Hasbahuddin, STKIP Andi Matappa 

Disusun sebagai salah satu tugas mandiri yang diwajibkan dalam mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan

Oleh:
FATIMAH ZAHARA SIREGAR
NIM : 0310182058

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATRA UTARA
TAHUN 2019

KATA PENGANTAR

  Puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyusun tugas Critical Jurnal Review ini dengan baik dan benar, serta tepat pada waktunya. Dalam tugas ini saya akan membahas jurnal “Penerapan pendidikan karakter untuk mencegah kecenderungan penyalahgunaan narkoba SMK Negeri 5 Makassar”

Critical Jurnal Review ini telah dibuat dengan dari beberapa sumber dan beberapa bantuan dari berbagai piha Kuntuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan tugas ini. 

Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas Critical Jurnal Review ini. 

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada Critical Jurnal Review ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun saya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan tugas selanjutnya.

Akhir kata semoga tugas yang saya buat ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan dapat memberikan nilai lebih pada proses pembelajaran mata kuliah Psikologi Pendidikan.



Medan, 1 Mei 2019  





DAFTAR ISI

Kata Pengantar .........................................i
Daftar isi ii ...............................................ii
Pendahuluan............................................ 1
Ringkasan................................................. 3
Pembahasan............................................. 7
Kesimpulan dan Saran........................ 10




BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar belakang masalah 
 Psikologi pendidikan ialah mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sebuah sekolah bagian organisasi. Psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan sering terfokus pada sub kelompok seperti berbakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus penyandang cacat

Menurut Muhibin Syah (2002), pengertian psikologi pendidikan ialah sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan, sedangkan menurut ensiklopedia amerika, pengertian psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan-penemuan dan menerapkan prinsip-prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.

Menurut bandura (dalam Nelson-Jones) proses pembelajaran yang disebut dengan modeling adalah proses belajar observasi terhadap sesuatu perilaku yaitu belajar dengan melihat dan belajar melakukan. Proses pembelajaran atau modeling anka yang kurang mendapat role model  di dalam keluarga, menirukan perilaku yang kurang tepat di lingkungan seperti menirukan perilaku temannya yang merokok atau yang mengkonsumsi NAPZA. Seperti yang di ungkapkan oleh hurlock (1978), ada masa dimana anak mulai melakukan hubungan yang lebih banyak dengan anak yang lain, dan minat pada keluarga mulai berkurang. Pada saat yang sama aktivitas yang bersifat individu mulai digantikan menjadi aktivitas berkelompok. Aktivitas berkelompok meliputi semua bentuk permainan dan hiburan dalam  kelompok, membuat sesuatu, mengganggu orang lain, mencoba-coba, dan melibatkan diri dalam aktivitas terlarang seperti berjudi, merokok, minuman keras, dan mencoba obat bius.

Berdasarkan latar belakang yang dikaji, penulis memilih jurnal “Penerapan pendidikan karakter untuk mencegah kecenderungan penyalahgunaan narkoba SMK Negeri 5 Makasar” , dengan tujuan Critical Journal Review adalah untuk mempermudah pembaca mencari refensi bacaan mengenai masalah psikologi pendidikan.


BAB II
RINGKASAN JURNAL

A. Identitas Jurnal

Judul : Penerapan pendidikan karakter untuk mencegah kecenderungan penyalahgunaan narkoba SMK Negeri 5 Makassar
Penulis : Hasbahuddin
Penerbit : Bimbingan dan Konseling STKIP Andi Matppa
EmailPenulis: Hasba_konseling@yahoo.com
Jumlah Halaman: 12 Halaman
Tahun Terbit :2015
ISSN : 2477-2518
Volume : Vol 1, Nomor 2

B. Ringkasan Jurnal

PENDAHULUAN

 Hurlock (Yusuf, 2007) mengemukakan bahwa sekolah merupakan foktor penentu bagi perkembangan kepribadian anak (siswa) baik dalam berpikir, bersikap maupun berperilaku. Sekolah sebagai tempat kedua dan substitusi keluarga dan guru substitusi orang tua. Untuk mewujudkan kondisi tersebut, guruk BK memiliki tanggung jawab besar dan diharapkan mampu mewujudkan di sekolah.Tugas guru BK adalah bagaimana membimbing dan mengarahkan siswa ke arah sesuai dengan tahap perkembangannya, tugas guru BK sekolah berhubungan dengan perkembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan potensi, bakat, minat, dan kepribadian peserta didik di sekolah.

Untuk mewujudkan hal tersebut di atas, upaya untuk mengembangkan dan menanamkan nilai karakter siswa dibutuhkan suatu layanan yang tepat untuk mengembangkan diri siswa dengan basis pendidikan karakter untuk mecengah kecendurangan penyalahgunaan nakroba pada siswa SMK Negeri 5 Makassar


KAJIAN TEORI

   Karakter adalah nilai-nilai yang khas baik itu ( tahu nilai kebaikan, mau berbuat baik, nyata berkehidupan baik, dan berdampak baik terhadap limgkingan) yang berpateri dalam diri. Karakter secara koheren memancar dari hasil olah pikir, olah hati, olah raga, srta rasa dan karsa seseorang atau sekelompok orang. Karakter merupakan ciri khas seseorang atau sekelompok orang yang mengandung nilai, kemampuan, kapasitas moral, dan ketegaran dalam menghadapi kesulitan tantangan.

Pendidikan merupakan tulang punggung strategi pembentukan karakter bangsa. Strategi pembangunan karakter bangsa melalui pendidikan dapat dilakukan dengan pendidikan, pembelajaran, dan fasilitasi. Dalam konteks makro, penyelenggaran pendidikan karakter mencakup keseluruhan kegiatan perencanaan, perorganisasian dan pengendalian mutu yang melibatkan seluruh unit utama di lingkungan pemangku kepentingan pendidikan nasional.

Mengenai pendidikan karakter ialah model pendidikan untuk mengembangkan karakter pada remaja diintegrasikan dalam perturan sekolah, pembelajaran dn kegiatan ektrakurikuler, model pendidikan  untuk pemantapan karakter pada usia dewasa dilakukan dengan strategi penyadaran dan evaluasi diri melalui forum seminar, menulis karya ilmiah dan diskusi.



METODE PENELITIAN

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan jenis eksperimen, dimana penelitian ini mengungkap adanya pengaruh penerapan layanan layanan bimbingan konseling berbasis pendidikan karakter untuk mencegah kecendurangan penyalahgunaan narkoba pasa siswa SMK Negeri 5 Makassar. Dalam penelitian ini ada kelompok eskperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing diberikan pre test dan post test.

Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok yang berasal 60 siswa dari sampel penelitian yang telah ditentukan melalui tahapan penentuan sampel, kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu 30 siswa kelompok kontrol dan 30 siswa kelompok eksperimen
Pelaksanaan prestest  terhadap kelompok kontrol dan eksperimen berupa pemberian angket kecenderungan penyalahgunaan narkoba
Pemberian perlakuan berupa penerapan layanan BK berbasis pendidikan karakter terhadap kelompok eskperimen sedangkan kontrol memperoleh layanan Bk diluar layanan abk berbasis karaketer yang diberikan oleh Konselor Sekolah
Pelaksanaan post test  kelompok kontrol dan eksperimen berupa pemberian angket kecenderungan penyalahgunaan narkoba

Untuk kebutuhan analisis data dicari selish skor post tes dengan pres test masing-masing subjek baik dalam eksprimen dan kelompok kontrol.

PEMBAHASAN

  Penelitian ini di laksanakan di SMK Negeri 5 Makassar guna mengetahui gambaran kecenderungan penerapan penyalahgunaan pada siswa dan pengaruh penerapan layanan bimbingan konseling berbasis pedidikan karakter untuk mencegah kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada sisw, yang dilakukan secara eksperimen selama 8 kali pertemuan (6 tahap perlakuan, 2 tahap prestest dan postest ). Hasil penelitian tersebut disajikan dalam bentuk analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial dengan ujia test untuk pengujian hipotesis. Analisis statistik deskriptif  dilakukan untuk memperoleh gambaran kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada siswa sebelum dan setelah diberikan layanan konseling  berbasis pendidikan  karakter. Data hasil penelitian yang diperoleh adalah data hasil pengisian angket kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada sekelompok eksperimen dan sekelompok kontrol.

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN
Gambaran kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada siswa sebelum diberikan layanan bimbingan konseling berbasis pendidikan karakter berdasarkan hasil prestest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol pada umumnya berada pada kategori tinggi. Setelah diberikan Bk berbasis pendidikan karakter berdasarkan hasil posttest kelompok eskperimen berada pada kategori rendah sedangkan kelompok kontrol berada pada kategori tinggi.

SARAN
Dengan hasil penelitian ini disarankan pada Konselor Sekolah dapat layanan bimbingan konseling berbasis pendidikan karakter dalam menangani masalah-masalah yang dialami oleh siswa secara terprogram dan bekerjasama dengan pihak yang terkait. Kepada guru di sekolah, hendaknya dapat bekerja sama dengan konselor dalam menangani masalah-masalah siswa khususnya untuk kecenderungan penyalahgunaan nakroba pada siswa melalui layanan bimbingan konseling berbasis pendidikan karakter agar teratasi dengan tepat, cepat dan bijaksana.



BAB III
PEMBAHASAN

A. Relevansi antara topik dengan materi 
Jurnal membahas tentang penerapan karakter untuk mencegah kecenderugan penyalahgunaan narkoba SMK Negeri 5 Makassar , apakah ada pengaruh layanan bimbingan konseling berbasis pendidikan karakter untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pasa siswa SMK Negeri 5 Makassar. Maka dapat disimpulkan bahwa jurnal ini membahas mengenai psikologi pendidikan karena jurnal ini berbicara mengenai korelasi antara pendidikan karakter dan kecenderungan penyalahgunaan narkoba.

B. Pokok argumentasi penulis di pendahuluan
Di bagian pendahuluan, penulis membuat latar belakang yang terlalu luas. Di awal pendahuluan, penulis membahas tentang kepribadian dan karakter manusia sedangkang jurnal ini membahas tentang kecenderungan penyalahgunaan narkoba. Di bagain pendahuluan penulis juga menjelaskan tentang bimbingan konseling dan konselor sekolah yang berperan penting bagi siswa peserta didik

C. Pemilihan teori
Dalam pemilihan teori, penulis memaparkan teori-teori yang relavan dengan masalah dalam penelitiannya.
Metodelogi penelitian dengan relavasinya

D. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Selain itu penelitian ini juga menggunakan instrumen angket yang berbentuk skala. Skala digunakan adalah skala likert untuk memperoleh data tentang tingkat kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada siswa, baik itu pretest maupun posttest. Teknik analisis data yang digunakan analisis deksriptif dan analisis statisik inferensial dengan menggunakan t-tset untuk pengujian hipotesis penelitian mengenai perbedaan tingkat kecederungan penyalahgunaan narkoba pada siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Analisis deksriptif dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tingkat kecenderungan penyalahgunaan narkoba sebelm dan sesudah perlakuan.

E. Kerangka berpikir penulis di bagian pembahasan
Di pembahasan, penulis memaparkan dengan membagi menjadi dua sub-judul yaitu dengan hasil dan diskusi. Penulis memaparkan hasil sesuai dengan metodelogi penelitiannya dengan menjelaskan dengan jelas

F. Kesimpulan dan saran penulis serta implikasinya kepada penelitian selanjutnya
Dibagian kesimpulan, penulis menunjukkan hasil dari penelitian dan saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya, penulis lebih menekankan untuk penelitian yang akan meneliti sekolah yang sama dengan penulissm yaitu SMK Negeri 5 Makassar.

G. Review keseluruhan
1. Keunggulan 
Jurnal ” penerapan pendidikan karakter untuk mencegah kecenderungan penyalahgunaan narkoba SMK Negeri 5 Makassar”, merupakan jurnal yang disusun dengan baik dan sistematik, dimulai dari judul, kemudian abtrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan yang terakhir kesimpulan dan saran. Jurnal ini juga menyertakan daftar pustaka dibagian akhir setelah kesimpulan dan saran.

Jurnal “ penerapan pendidikan karakter untuk mencegah kecenderungan penyalahgunaan narkoba SMK Negeri 5 Makassar “, memiliki isi yang bagus karena jurnal sudah jelas. Jurnal ini juga sudah sesuai dengan topik bahasan yang telah ditetapkan, kata-kata ditampilkan juga sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Teori-teori yang dipaparkan juga sudah sesuai dengan jurnal dan berdasarkan ahli-ahli dan referensi jurnal ada. Sehingga dirasa sudah cukup untuk dikatakan bahwa jurnal ini sudah termasuk jurnal berkualitas ditambah dengan identitas jurnal tersebut.

Menurut saya jurnal “ penerapan pendidikan karakter untuk mencegah kecenderungan penyalahgunaan narkoba SMK Ngeri 5 Makassar”, merupakan jurnal yang bagus karena tulisannya ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami. Paragraf dala  jurnal juga ditulis dengan saling berhubungan dan berkesinambungan antara paragraf yang satu dengan yang lainnya. jurnal ini juga menjelaskan dengan jelas sehingga dapat mempermudah pembaca untuk mengerti

2.Kelemahan
Jurnal ini membahas mengenai ” penerapan pendidikan karakter untuk mencegah kecenderungan penyalahgunaan narkoba SMK Negeri 5 Makassar”, penulis tidak menggunakan banyak istilah yang tertera hanya istilah umum sehingga para pembaca kurang paham. Penulis menggunakan rumus perhitungan dan istilahh-istilah dalam dunia matematika yang jarang ditemui sehingga membingungkan pembaca dalam memahami


KESIMPULAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN

 Psikologi pendidikan ialah mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sebuah sekolah bagian organisasi. Psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan sering terfokus pada sub kelompok seperti berbakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus penyandang cacat.

Jurnal “ penerapan penerapan pendidikan karakter untuk mencegah kecenderungan penyalahgunaan narkoba SMK Negeri 5 Makassar”, merupakan jurnal yang membahas salah satu masalah psikologi pendidikan yaitu  kecenderungan penyalahgunaan narkoba pada siswa sebelum diberikan layanan bimbingan konseling berbasis pendidikan karakter berdasarkan hasil prestest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol pada umumnya berada pada kategori tinggi. Setelah diberikan Bk berbasis pendidikan karakter berdasarkan hasil posttest kelompok eskperimen berada pada kategori rendah sedangkan kelompok kontrol berada pada kategori tinggi. Maka dari itu, dengan juranl ini diharapkan agar para pendidik tau bagaimana hubungan layanan bimbongan konseling dan konselor sekolah terhadap peserta didik.

SARAN

Saran saya untuk jurnal ini agar lebih baik untuk diberikan konten yang lebih menarik agar pembaca mudah memahami tersebut dengan mudah.


Comments

Popular posts from this blog