Psikologi pendidikan: Critical Book Review 1
IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Psikologi
Pendidikan
Penulis : Drs. Mustaqim
Drs. Abdul Wahid
Penerbit : PT.RINEKA CIPTA
Tahun Terbit : Januari 1991
Kota Terbit : Jakarta
ISBN : 979-518-045-2
Jumlah halaman : 146 halaman
ISI BUKU
I. PENGERTIAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi pendidikan yaitu ilmu yang membahas segi-segi psikologi dalam pendidikan dalam lapangan pendidikan. Dari sudut tingkah laku dan perbuatan manusia dalam segala macam situasi, maka psikologi pendidikan adalah studi ilmiah mengenai tingkah laku individu dalam situasi pendidikan. Tujuan psikologi pendidikan ialah mempelajari tingkah laku manusia dan perubahan tingkah laku itu sebagai akibat proses dari tangan pendidikan dan berusaha bagaimana suatu tingkah laku itu seharusnya diubah, dibimbing melalui pendidikan. Masalah dan tujuan psikologi pendidikan akan jelas dimengerti apabila dibandingkan dengan filsafat pendidikan yang dapat menjawab atas pertanyaan apa dan mengapa. Sedangkan psikologi dapat memberi jawaban atas pertanyaan bagaimana.
II. RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi pendidikan ialah suatu ilmu pengetahuan yang usia sangat muda. Memang pada zaman Herbart dan Pestalozi telah berusaha memasukkan psikologi dalam lapangan pendidikan, akan tetapi cara bekerja mereka masih didasarkan atas hasil renungan semata-mata tanpa diuji kebenaranya dengan penyelidikan empiris. Dengan demikian psikologi pendidikan pada zaman Herbart dan Pestalozi masih dalam lingkungan filsafat. Psikologi pendidikan baru merupakan ilmu yang sebenarnya dalam arti sebagai ilmu yang bersifat empiris,baru timbul abad ke-20.
III. ARTI DAN MANFAAT PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI GURU
Seseorang guru harus menguasai mata pelajaran yang diberikan tetapi perlu juga memahami mereka yang dipimpinnya dalam proses pendidikan. Seseorang guru yang tidak mengetahui tentang sifat hakikatnya anak dan tidak tahu cara memperlakukan anak sesuai dengan sifat dan hakikatnya seperti halnya dengan petani yang hanya mengerti tentang produk pupuk dan tanah, tetapi tidak ada pengetahuan mengenai sifat-sifat tanaman tersebut dan akibatnya pupuk itu diberikan secara berlebihan. Dengan uraian di atas jelaslah bahwa pengetahuan psikologi pendidikan merupakan salah satu pengetahuan yang perlu dipelajari dan dipahami oleh seorang guru agar dapat menjalankan tugas sebagai guuru dengan cara yang sebaik-baiknya.
IV. MASALAH BELAJAR
Belajar adalah suatu aktivitas yang menuju ke arah tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan itu perlu adanya faktor yang perlu diperhatikan, misalnya faktor bimbingan.
Belajar adalah usaha untuk pembentukan hubungan antara perangsang dan reaksi. Pandangan ini ditemukan olehh Thomdike
Belajar adalah usaha untuk menyesuaikan diri terhadap kondisi-kondisi atau situasi-situasi di sekitar kita. Pandangan ini ditemukan oleh para pengikut aliran Behaviourisme.
Belajar adalah usaha untuk membentuk tanggapan-tanggapan baru. Pendapat ini dikemukakan oleh para ahli psikologi assosiasi.
Belajar adalah suatu proses aktif, aktif dimaksud ialah bukan hanya aktivitas yang nampak seperti gerakan badan, melainkan aktivitas mental, seperti proses berpikir. Pandangan ini dikemukakan oleh psikologi Gestalt.
MANFAAT BUKU BAGI GURU BIOLOGI
Dapat mengetahui teknik pembelajaran yang efektif
Dapat mengetahui perbedaan individu dalam pembelajaran
Mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menyesuaikan kemampuan yang dimiliki siswa tersebut
Psikologi pendidikan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah
Menetapakan tujuan pembelajaran dalam biologi
Dapat memotivasi belajar peserta didik dalam memahami biologi
Berinteraksi secara tepat dengan siswa tentang pembahasan yang asik
Memfasilitas bimbingan atau bahkan memberikan konseling
Memilih strategi atau metode pembelajaran yang sesuai
Menciptakan iklim belajar yang kondusif
Menilai hasil pembelajaran yang adil
Menggunakan media pembelajaran yang digunakan oleh siswa seperti media audio-visual, sehingga memberi gambaran yang nyata kepada peserta didik
Penyusunan jadwal pembelajaran harus disusun dengan berdasarkan kondisi psikologi peserta didik, misalnya mata pelajaran yang di anggap sulit bagi siswa seperti matematika ditempatkan di awal pelajaran, dimana kondisi siswa masih segar dan semangat dalam menerima materi pembelajaran
Dalam proses pembelajaran di kelas maupun membimbing peserta didik, guru harus mempertahatikan segala aspek psikologi peserta didik tersebut, baik itu perkembangan, ingatan, memori dan pola berpikir anak. Dalam hal ini untuk menumbuhkan kepercayaan dan mengembangkan potensi yang ada pada siswa agar mereka mampu tumbuh dan perkembangan sesuai dengan harapan orang tua, guru dan masyarakat.

Comments
Post a Comment